Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Inspirasi di Masa Kecil Bisa Menjadi Bisnis Besar
Kamis, 12 Mei 2011 18:44 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Inspirasi saat kecil, dapat menjadi bisnis  besar saat anda dewasa. Usaha sepatu rajut yang dijalankan Wien adalah inspirasi dan kenangan masa kecil yang terus diingatnya.     

“Saya terinspirasi dari masa kecil saya. Dulu untuk menghangatkan kaki saya saat musim penghujan, nenek selalu membuatkan sepatu sepatu rajut agar kaki saya hangat. Ternyata saat saya dewasa saya melihat jenis alas kaki seperti ini masih banyak digunakan oleh orang-orang,  terutama untuk masyarakat yang sedang menunaikan ibadah haji. Hanya saja desainnya masih sangat sederhana dan kualitasnya kurang bagus. Sayapun berfikir membuat sepatu rajutan dengan desain dan warna yang menarik dengan kualitas yang baik,”ungkap wanita kelahiran Semarang ini.

Usaha yang semula berasal dari inspirasi kecil inipun kini terus dikembangkan dengan omzet yang kian bertambah besar. Tenaga kerja yang terlibat juga semakin banyak, bahkan ia semakin kualahan melayani permintaan pesanan, terutama menjelang musim haji tiba.
Diversifikasi Produk
Tak hanya membuat sepatu, Wien juga mengajarkan kepada pengrajinnya dengan membuat gelang, ros dan kalung, semuanya terbuat dari bahan rajutan. Produk-produk ini sengaja ia pasarkan secara ekslusif di galeri miliknya yang ada di Semarang. 

Namun sesekali ia mengikuti pameran untuk menjaring pelanggan langsung dari berbagai daerah. Kadang ia memperoleh pesanan dalam jumlah sangat banyak di acara pameran tersebut. Pemesannya banyak yang berasal dari Jakarta, bahkan ada yang berasal dari luar negeri.

Ada banyak keuntungan jika ia dapat menjual langsung kepada pelanggan melalui pameran-pameran tersebut. Harga yang diperoleh lebih tinggi, uang yang diterima juga dapat langsung, bahkan saat pelanggan memesannya pembayaran sudah dilakukan dimuka.
Dengan cara ini ia terhindar dari kerugian yang sering dialami pengusaha kecil, dan juga terhindar dari penipuan yang biasanya dilakukan oleh para agen atau distributor, dengan cara meminta produknya dikirim terlebih dahulu dan membayarkan setelah produknya diterima. Ujung-ujungnya, banyak yang produknya telah terkirim tetapi pembayarannya tak kunjung dating.

Modus-modus semacam ini sudah banyak dialami oleh para pengrajin atau produsen produk-produk fashion dari berbagai daerah. Karenanya, ia sangat berhati-hati jika berhubungan dengan orang-orang yang mengaku ingin menjadi agen distributor  atau ingin menjadi agen produk-produknya. 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari